Home » , » Tips Menghilangkan Ketombe

Tips Menghilangkan Ketombe

Written By Unknown on Minggu, 02 Juni 2013 | 07.34

Setiap orang mengalami pembentukan sisik pada kulit kepalanya. Ini merupakan proses wajar pengelupasan lapisan sel-sel kulit luar yang telah mati. Kalau sisik tersebut kelihatan jelas pada rambut dan pakaian anda, keadaan ini disebut sebagai ketombe. Masalah ini akan diperparah oleh rendahnya kelembapan udaa di dalam rumah dan kurangnya terkena paparan ultraviolet matahari. Meskipun 20% orang dewasa mengalami ketombe, tapi ini tidak menular. Jarang ada kasus ketombe yang serius, paling cuma kulit jadi lebih mudah terkena infeksi.



Untuk tips dan cara menghilangkan atau mengatasi ketombe, Anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini :
  1. Pakailah sampo secara teratur. Mulailah dengan sampo ringan yang tidak mengandung obat. Dengan lembut pijatlah kulit kepala Anda untuk melepaskan sisik-sisik. Setelah itu bilaslah dengan seksama.
  2. Gunakan sampo yang mengandung obat bagi ketombe yang membandel. Carilah sampo yang mengandung seng piritonin, asam salsilat, ter arang, atau selenium sulfit pada merek-merek sampo seperti Head & Shoulder, Denorex atau Selsun Blue. Gunakanlah sampo ketombe itu setiap kali keramas, kalau perlu untuk mengendalikan pengelupasan.
  3. Gunakan sampo dengan bahan dasar ter secara hati-hati karena sampo itu dapat meninggalkan noda kecoklatan pada rambut dan membuat kulit kepala menjadi lebih peka terhadap matahari.
  4. Gunakanlah kondisioner secara teratur. Untuk kasus ketombe yang ringan, selingilah menggunakan sampo ketombe dengan sampo biasa.
  5. Kalau ketombe membandel atau kulit kepala menjadi iritasi atau sangat gatal, mungkin Anda membutuhkan sampo yang diresepkan. Losion Steroid untuk menahan pengelupasan kulit atau obat yang lebih kuat dapat melepaskan sisik-sisik sehingga anda dapat mencucinya dengan lebih mudah.
Cukup segini dulu bahasan kali ini yang membahas cara mengatasi ketombe yang kamu kutip dari buku Mayo Clinic Pedoman Perawatan Sendiri. Selalu kunjungi blog Kumpulan Artikel Kesehatan untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya. Selamat beraktivitas.

0 komentar:

Posting Komentar